PUISI IBU KARYA CHAIRIL ANWAR

Puisi ibu karya chairil anwar ~ Ibu adalah sosok termulia dalam hidup kita. Dialah yang melahirkan dan mempertaruhkan nyawa demi kelahiran kita, pun dia pula yang telah merawat kita sehingga pada saat ini kita masih bisa membaca artikel ini. 

Dikatakan bahwa sehebat apapun anak, maka ia tak lebih dari anak seorang wanita bernama Ibu. Seberat apapun perjuangan seorang anak untuk membahagiakan ibunya, tak akan lebih berat dari perjuangan seorang ibu untuk anaknya. Apapun yang dilakukan seorang anak untuk ibunya, tak akan dapat membalas bahkan satu tarikan nafas seorang Ibu saat mempertaruhkan nyawa demi kelahiran seorang anak.

Chairil Anwar sebagai mastro Puisi Indonesia, paham betul akan peranan penting seorang ibu. Insipirasi yang lekat dengan sosok wanita yang melahirkannya ia abadikan dalam sebuah puisi. Puisi Ibu Karya Chairil Anwar termasuk kumpulan puisi paling terkenal dari karya - karya beliau. 

Puisi Ibu Karya Chairil Anwar 

PUISI IBU KARYA CHAIRIL ANWAR


IBU

Pernah aku ditegur
Katanya untuk kebaikan
Pernah aku dimarah
Katanya membaiki kelemahan
Pernah aku diminta membantu
Katanya supaya aku pandai
Ibu ...
Pernah aku merajuk
Katanya aku manja
Penah aku melawan
Katanya aku degil
Katanya aku lemah
Ibu ...
Setiap kali aku tersilap
Dia hukum aku dengan nasihat
Setiap kali aku kecewa
Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat
Setiap kali aku dalam kesakitan
Dia obati dengan penawar dan semangat
Dan bila aku mencapai kejayaan
Dia kata bersyukurlah pada Tuhan
Namun ...
Tidak pernah aku lihat air mata dukamu
Mengalir ddi pipimu
Begitu kuatnya dirimu ..
Ibu ..
Aku sayang padamu ..
Tuhanku ...
Aku bermohon padaMu
Sejahterakanlah dia
Selamanya ...
Chairil Anwar ingin menceritakan tentang kenangan dirinya atas ibunya. Seringkali seorang ibu meminta kepada anaknya untuk melakukan sesuatu atau melarang sesuatu. Namun, seringkali pula seorang anak salah paham terhadap maksud sang ibu. 

Selain itu, sang Pujangga Chairil Anwar menceritakan perjuangan seorang ibu baik melalui gerak jasmani maupun langkah spiritual dengan mendoakan anaknya. Puisi Ibu Karya Chairil Anwar sangat kental dengan suasana sedih dan haru. 

Puisi Ibu karya Chairil Anwar adalah puisi favorit saya dari karya - karya chairil Anwar yang melegenda. Karya lainnya berjudul :

Dapat anda baca dengan mengklik tautan di atas. Selamat menikmati karya - karya Chairil Anwar dan cobalah untuk terus berkreasi dan berekspresi dengan menulis puisi.

Subscribe to receive free email updates: