Kata kata bijak cinta sejati Kahlil Gibran Dan Jalaludin Rumi

Kata kata bijak cinta sejati ~ Cinta tak pernah terdefinisikan. Ia laksana rasa manis yang hanya bisa dikecup, dirnikmati namun tak pernah bisa didefinisikan secara tepat dalam rangkai kata. Sebanyak apapun kata. Takkan pernah mampu membuka tabir cinta yang begitu misterius namun amat dekat dengan kehidupan manusia.

Kata kata bijak cinta sejati yang akan saya hadirkan dibawah ini merupakan kumpulan kata bijak cinta yang saya rangkum dari tiga tokoh besar penyair dunia yaitu Kahlil Gibran, William Shakespeare dan Jalaludin Rumi. Dari ketiganya memiliki ciri khas nya sendiri namun sama sama mengerti bahwa cinta memiliki kedalaman yang esensinya bukan hanya kebahagiaan namun juga penderitaan.

Bahkan, dalam kata kata bijak cinta sejati yang mereka paparkan, dikatakan bahwa cinta tanpa penderitaan maka itu bukan cinta. Dalam setiap kisah cinta, selalu ada pengorbanan dan penderitaan yang memiliki kadarnya sendiri sendiri. Berikut ini, Kata Kata Bijak Cinta Sejati Penyair Dunia

Kata Kata Bijak Cinta Sejati Kahlil Gibran


Kata Bijak Cinta Kahlil Gibran

Kahlil Gibran merupakan penyair yang lahir pada tanggal 6 Januari 1883 di Beshari, Lebanon dan ketika ia berusia sepuluh tahun, Ia pergi ke Boston bersama - sama dengan ibu dan kedua adik perempuannya. Di Boston, ia hanya bertahan tiga tahun lalu kembali ke kampung halamannya  dan kemudian dia mempelajari ilmu di Madrasah Al-Hikmat (School of Wisdom) dimulai sejak  1898 hingga 1901. Kahlil Gibran Pertama menulis drama pada tahun 1901 hingga 1902 di Paris. Tiga tahun belajar di Madrasah Al-HIkmat ia kembali ke Bosson dan mengeluarkan karya pertemanya berjudul “Spirits Rebellious” karya ini merupakan karya kontemporer yang berisi sindiran keras untuk mengkritik  orang-orang korup yang dilihatnya. 

Ada banyak karya - karya kahlil gibran yang berisi kata kata bijak cinta sejati salah satu diantaranya adalah Sand and Foam, Lazarus dan yang lainnya. Meski Kahlil Gibran telah tiada, nyatanya, syair - syairnya tetap abadi dinikmati oleh para pecinta.
  1. Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggungjawab, mencintai hidup dan pekerjaannya.

    Penjelasan :
    Cinta sejati akan berani memikut tanggung jawab dari apa yang ia harus ia pikul dari sang cinta. Seseorang yang mencintai namun tidak mau bertanggung jawab dengan cintanya maka ia hanyalah nafsu yang diselubungi oleh cinta. Dari luar seperti cinta sejati, namun ternyata sebatas nafsu dalam kesenangan namun tak mau bersusah menanggung resiko dan tanggung jawab.

    Cinta sejati akan membuat seseorang mencintai kehidupannya karena ia tahu persis alasan ia hidup bukan hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk orang - orang yang mencintainya dan ia cintai. Ia akan mencintai pekerjaannya karena ia paham, cinta tak sekedar kebersamaan namun juga keberlangsungan hidup dalam kebahagiaan.
  2. Hidup tanpa cinta layaknya sebuah pohon yang tidak berbuah

    Penjelasan :
    Jika bukan karena cinta, Dunia ini takkan tercipta. Begitulah Tuhan mencintai hambanya dengan tulus. Seseorang yang hidup tanpa cinta, ia tidak akan menikmati manis pahitnya rasa, hidupnya hambar. Ia sekedar tumbuh, namun tak bisa berbuah.
  3. Hidup adalah kegelapan jika tanpa hasrat dan keinginan. Dan semua hasrat -keinginan adalah buta, jika tidak disertai pengetahuan . Dan pengetahuan adalah hampa jika tidak diikuti pelajaran. Dan setiap pelajaran akan sia-sia jika tidak disertai cinta

    Penjelasan :
    Pada dasarnya, hidup memiliki bangungn yang memiliki puncak yaitu Cinta. Mereka yang mengerti hakikat hidup, akan meraih puncak hingga ia dapat mengecap manisnya cinta atau bijak karena pahitnya cinta.
  4. Bekerja dengan rasa cinta, bererti menyatukan diri dengan diri kalian sendiri,dengan diri orang lain dan kepada Tuhan.
    Tapi bagaimanakah bekerja dengan rasa cinta itu ? Bagaikan menenun kain dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmu yang akan memakainya kelak.

    Penjelasan :
    Kahlil Gibran dengan sangat indah menggambarkan apa itu berjuang dan bekerja demi cinta. Seolah, apa yang kita kerjakan atau kita buat adalah untuk orang yang kita cinta. Semuanya berujung pada orang yang kita cinta.
  5. Manusia tidak dapat menuai cinta sampai dia merasakan perpisahan yang menyedihkan, dan yang mampu membuka fikirannya, merasakan kesabaran yang pahit dan kesulitan yang menyedihkan.
  6. Sebab kehidupan tidak berjalan mundur, pun tidak tenggelam dimasa lampau.
  7. Kerja adalah wujud nyata cinta. Bila kita tidak dapat bekerja dengan kecintaan, tapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaan itu. Lalu, duduklah di gerbang rumah ibadat dan terimalah derma dari mereka yang bekerja dengan penuh suka cita.
  8. Salahlah bagi orang yang mengira bahwa cinta itu datang kerana pergaulan yang lama dan rayuan yang terus menerus.

    Cinta adalah tunas pesona jiwa, dan jika tunas ini tak tercipta dalam sesaat, ia takkan tercipta bertahun-tahun atau bahkan abad.
  9. Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu.
  10. Cinta tidak menyedari kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan pun tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan seorang perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian.
  11. Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia kerana cinta itu membangkitkan semangat- hukum-hukum kemanusiaan dan gejala alami pun tak mampu mengubah perjalanannya.
  12. Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang
  13. Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad.
  14. Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati; tetapi kita lari daripadanya dalam ketakutan, atau bersembunyi di dalam kegelapan; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya.
  15. Setiap lelaki mencintai dua orang perempuan, yang pertama adalah imaginasinya dan yang kedua adalah yang belum dilahirkan.
  16. Aku mencintaimu kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau.
    Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.
  17. Setiap orang muda pasti teringat cinta pertamanya dan mencuba menangkap kembali hari-hari asing itu, yang kenangannya mengubah perasaan direlung hatinya dan membuatnya begitu bahagia di sebalik, kepahitan yang penuh misteri.
  18. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.
  19. Jangan menangis, Kekasihku… Janganlah menangis dan berbahagialah, kerana kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan cinta yang indah… kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan.
  20. Apa yang telah kucintai laksana seorang anak yang tak henti-hentinya aku mencintai… Dan, apa yang kucintai kini… akan kucintai sampai akhir hidupku, kerana cinta ialah semua yang dapat kucapai… dan tak ada yang akan mencabut diriku dari padanya
  21. Cinta yang dibasuh oleh airmata akan tetap murni dan indah sentiasa.
  22. Seorang wanita telah dilengkapi oleh Tuhan dengan keindahan jiwa dan raga adalah suatu kebenaran, yang sekaligus nyata dan maya, yang hanya bisa kita fahami dengan cinta kasih, dan hanya bisa kita sentuh dengan kebajikan.
  23. Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia kerana cinta itu membangkitkan semangat- hukum-hukum kemanusiaan dan gejala alami pun tak mampu mengubah perjalanannya.
  24. Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang
  25. Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad.
  26. Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati; tetapi kita lari daripadanya dalam ketakutan, atau bersembunyi di dalam kegelapan; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya.
  27. Setiap lelaki mencintai dua orang perempuan, yang pertama adalah imaginasinya dan yang kedua adalah yang belum dilahirkan.
  28. Aku mencintaimu kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau.
    Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.
  29. Setiap orang muda pasti teringat cinta pertamanya dan mencuba menangkap kembali hari-hari asing itu, yang kenangannya mengubah perasaan direlung hatinya dan membuatnya begitu bahagia di sebalik, kepahitan yang penuh misteri.
  30. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.
  31. Jangan menangis, Kekasihku… Janganlah menangis dan berbahagialah, kerana kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan cinta yang indah… kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan.
  32. Apa yang telah kucintai laksana seorang anak yang tak henti-hentinya aku mencintai… Dan, apa yang kucintai kini… akan kucintai sampai akhir hidupku, kerana cinta ialah semua yang dapat kucapai… dan tak ada yang akan mencabut diriku dari padanya
  33. Cinta yang dibasuh oleh airmata akan tetap murni dan indah senantiasa.
  34. Seorang wanita telah dilengkapi oleh Tuhan dengan keindahan jiwa dan raga adalah suatu kebenaran, yang sekaligus nyata dan maya, yang hanya bisa kita fahami dengan cinta kasih, dan hanya bisa kita sentuh dengan kebajikan.
  35. Orang-orang berkata, jika ada yang dapat memahami dirinya sendiri, ia akan dapat memahami semua orang. Tapi aku berkata, jika ada yang mencintai orang lain, ia dapat mempelajari sesuatu tentang dirinya sendiri.
  36. Kekuatan untuk mencintai adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia, sebab kekuatan itu tidak akan pernah direnggut dari manusia penuh berkat yang mencinta.
  37. Ketika aku berdiri bagaikan sebuah cermin jernih di hadapanmu,
    kamu memandang ke dalam diriku dan melihat bayanganmu. Kemudian kamu berkata,
    Aku cinta kamu.
    Tetapi sebenarnya, kamu mencintai dirimu dalam diriku



    Baca juga : 

    Kata Kata Bijak Cinta Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Kata Kata Bijak Cinta William Shakespeare

Kata Bijak Cinta William Shakespeare

William Shakespeare



Siapa tak kenal cerita Romeo dan Juliet? Karya besar William Shakespeare yang abadi tak lekang dimakan zaman, Ceritanya begitu tragis dan hingga kini masih dikenang sebagai karya sastra terbaik sepanjang masa. Ia berasal dari Inggris dan disebut sebagai salah satu sastrawan terbaik Inggris dengan banyaknya karya yang ia hasilkan.

Berikut ini adalah Kata - kata bijak cinta William Shakespare

  1. Dia akan mati jika kau bukan mencintainya, Dan dia akan mati sebelum ia mungkin bisa mengenal cintanya.
  2. Siapa yang pernah mencintai dan dicintai bukan pada pandangan pertama? 
  3. Aku mencintaimu lebih dari kata - kata yang dapat menguasai masalah, lebih mahal dari penglihatan, ruang dan kebebasan.
  4. Pria telah meninggal dari waktu ke waktu, dan cacing telah memakan mereka, tetapi tidak untuk cintanya.

Kata Kata Bijak Cinta Jalaludin Rumi

Kata Bijak Cinta Jalaludin Rumi

Berbeda dengan Kahlil Gibran dan William Shakespare, Jalaludin Rumi merupakan seorang penyair muslim yang bernama asli Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri. Ia lahir di Balkh atau yang sekarang disebut sebagai Afganistan. Beliau adalah seorang pengikut tasawuf sehingga tidak heran jika karya karyanya sangat terkait dengan sufi. Tulisan - tulisannya banyak membahas tentang Hakikat cinta, Hubungan Cinta dengan Tuhan, Hubungan Manusia dengan Tuhan serta penyatuan antara hamba dan Tuhannya dalam konteks tasawuf.

Langsung saja berikut ini adalah kata kata bijak cinta jalaludin rumi 

Diamlah! Cinta adalah sebutir permata yang tak bisa kaulemparkan sembarangan seperti sebutir batu
Karena Cinta segalanya menjadi ada. Dan hanya karena Cinta pula, maka ketiadaan nampak sebagai keberadaan.Betapa bahagia saat kita duduk di istana, kau dan aku,Dua sosok dan dua tubuh namun hanya satu jiwa, kau dan aku.Karena cinta duri menjadi mawar karena cinta cuka menjelma anggur segarCinta mengubah kekasaran menjadi kelembutan, mengubah orang tak berpendirian menjadi teguh berpendirian, mengubah pengecut menjadi pemberani, mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan, dan cinta membawa perubahan-perubahan bagi siang dan malam.

Air berkata kepada yang kotor, "Kemarilah." Maka yang kotor akan berkata, "Aku sungguh malu." Air berkata, "Bagaimana malumu akan dapat dibersihkan tanpa aku?
Ketika aku jatuh cinta, aku merasa malu terhadap semua. Itulah yang dapat aku katakan tentang cinta.
Kau harus hidup di dalam cinta, sebab manusia yang mati tidak dapat melakukan apa pun. Siapa yang hidup? Dia yang dilahirkan oleh Cinta.
Cinta adalah suatu penyakit, orang yang dihinggapinya tidak pernah ingin disembuhkan.

CINTA yang dibangkitkan
oleh khayalan yang salah
dan tidak pada tempatnya
bisa saja menghantarkannya
pada keadaan ekstasi.

Pilihlah Cinta. Ya, Cinta! Tanpa manisnya Cinta, hidup ini adalah beban.

Bila sakit karena cinta menambah keinginanmu, bunga-bunga mawar dan lili mengisi taman jiwamu

Cinta memiliki lima ratus sayap; dan setiap sayap membentang dari atas surga di langit tertinggi sampai di bawah bumi.

Dari gunung arus air deras mengalir, dari tubuh kita jiwa pun bergerak karena ilham cinta.
Dulu dia mengusirku, sebelum belas kasih pun turun ke hatinya dan memanggil. Cinta telah memandangku dengan ramah pula.

Mati tanpa cinta adalah kematian terburuk dari segala kematian

Cinta adalah lukisan orang yang getir menjadi manis, sebab dasar semua cinta adalah kebajikan moral

Sejak kudengar tentang dunia Cinta, kumanfaatkan hidupku, hatiku dan mataku di jalan ini.

Cinta adalah lautan tak bertepi, langit hanyalah serpihan buih belaka.
Sesungguhnya, inti dari cinta adalah rahasia yang tak dapat terungkap.

Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba.

Kekasih adalah segalanya, pecinta hanya sebuah tabir. Kekasih hidup abadi, pecinta hanyalah benda mati.

Yang menjadi sasaran cinta bukanlah bentuk-apakah itu cinta untuk kepentingan dunia ini atau untuk akhirat.

Aku pernah berpikir bahwa cinta dan yang dicintai itu berbeda. Kini aku mengerti bahwa keduanya sama.

Tugas kita bukanlah untuk mencari cinta, tapi sekadar untuk mencari dan menemukan segala penghalang di dalam diri sendiri yang kita bangun untuk menahan cinta itu.

Subscribe to receive free email updates: