Peluang Usaha Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

Peluang Usaha Modal Kecil ~ Menulis sekaligus mendapatkan uang dari tulisan - tulisan kita tentu menjadi dambaan para penulis. Baik profesional maupun para penulis lepas tentunya ingin agar karya - karyanya dapat menghasilkan uang walaupun uang bukan merupakan tujuan utama dalam menelurkan karya - karya dalam bentuk tulisan.
Kita sudah mengenal istilah Writerpreneurship, bidang bisnis yang berhubungan tentang tulis menulis. Ada beberapa keuntungan ketika kita bisa menjadi seorang writerpreneuship, diantaranya adalah kita bisa fokus menulis dan bekerja sesuai dengan hobi kita. Bukankah mencitai pekerjaan adalah salah satu cara untuk berbahagia?

Beberapa contoh penulis yang telah sukses dalam bidang kepenulisan serta menghasilkan banyak uang adalah JK Rowling, Karya - karyanya telah dikenal diseluruh negara dengan seri penyihir muda bernama Harry Potter. Kekayaannnya sungguh luar biasa, dilansir dari kompas.com, JK Rowling menghasilkan $9 per detik atau setara dengan Rp. 100.000,- / detik. Anda bisa mengakumulasikan sendiri berapakah pendapatan JK Rowling perhari, perbulan dan pertahun. 

Peluang Usaha Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

Di Indonesia sendiri kita mengenal banyak penulis seperti Habiburrahman El-Sirazi dengan novel fenomenalnya bertajuk Ayat - ayat cinta, Andrea Hirata dengan cerita yang apik tentang pendidikan yang dikemas dalam novelnya Laskar pelangi serta tokoh penulis senior perempuan Helvi Tiana Rossa yang sudah sangat dikenal dilangan pecinta sastra tanah air. 

Kebanyakan penulis tersebut memang tidak memiliki niatan awal menulis hanya untuk mendapatkan uang, yang paling utama adalah tulisan - tulisan mereka dapat dibaca oleh setiap orang. Maka dari itu, mereka kemudian mengirimkan karya mereka ke penerbit dan dari situlah kerja sama bisnis mulai berjalan. 

Ada beberapa jalan ketika anda ingin dibayar sebagai penulis diantaranya :
  • Mengirim Karya Ke Penerbit
    Cara ini sudah berjalan dari dulu, para penulis akan merasa bangga jika tulisan mereka dapat dimuat dan dibukukan oleh penerbit apalagi penerbit yang meluncurkan buku tersebut sekelas Gramedia atau Mizan. 

    Namun, salah satu kelemahan dari cara ini adalah persaingannya yang ketat. Kita harus bersaing dengan para penulis - penulis yang tentu memiliki latar belakang dan kemampuan berbeda. Selain itu, penulis - penulis tersebut juga tidak mudah dalam menerima karya - karya kita. Ada sisi prospek bisnis yang ikut ambil bagian dalam pemilihan karya yang dimuat. Karya - karya yang dimuat minimal memiliki target pasar yang kuat sehingga dapat mendatangkan keuntungan bagi penerbitnya.

    Sekali lagi, ini adalah cara paling bagus untuk pembuktian kemampuan kita. Terus menulis dan kemudian ajukan proposal pengajuan karya anda. Jangan takut, karena banyak pelnulis terkenal pada awalnya ditolak oleh para penerbit namun kemudian mendapatkan kesuksesan karena mereka tetap menulis dan memperbaiki diri. 

  • Mengirim ke Majalah
    Salah satu alternatif yang lain adalah dengan mengirim karya ke majalah atau media cetak. Jika anda memiliki kemampuan menulis cerpen, puisi atau essai, Media cetak adalah alternatif terbaik karena anda tidak perlu menulis karya setebal novel. 

    Untuk tarif dari tiap majalah tentu berbeda sesuai dengan kualitas media cetak tersebut. Jika anda berminat silahkan anda mencoba mencari informasi kepada redaksi - redaksi media cetak yang biasanya memang menerima karya dari para pembaca. 

    Semakin tinggi bayaran, semakin tinggi tingkat persaingan. Anda tentu dapat memperkirakan betapa besar persaingan untuk sekelas Harian Kompas yang memiliki pembaca berjumlah puluhan juta orang. Oleh karena itu, jika anda ingin menjadi penulis profesional, anda bisa menjadikan media cetak sebagai ajang latihan sebelum anda mengirimkan karya - karya anda kepada penerbit. 

  • Menjadi Blogger
    Menjadi seorang blogger adalah cara termudah dalam memperkenalkan karya - karya kita. Salah satu contoh penulis sekaligus public figure yang sukses dari ngeblog adalah Raditya Dhika. Namanya menjadi sorotan setelah blog yang berisi tulisan - tulisan lucunya difilmkan. 

    Selain itu, anda juga bisa menghasilkan uang dari program periklanan seperti Adsense yang dapat dipasang di blog anda. Anda bisa menjadikan langkah ini sebagai ajang pemanasan untuk memperkanalkan karya - karya anda. Kelebihan cara ini selain karena kemudahannya juga karena dengan blog pembaca akan lebih interaktif sehingga akan lebih mudah untuk menilai tulisan kita. Jangan takut dikritik, biarkan pembaca menilai dengan pemahaman mereka dan kritikan tersebut dapat dijadikan pembelajaran untuk karya - karya selanjutnya. 


  • Menjadi Freelancher
    Jika anda pernah mengurus website, anda tidak mungkin mengurus banyak website dalam satu waktu. Maka, para blogger yang memiliki beberapa blog biasanya membutuhkan penulis lepas yang bertugas menulis ulasan atau tulisan yang dapat digunakan untk mengisi blog mereka. 

    Menjadi freelancher sama saja bekerja , anda tidak perlu memikirkan bagaimana sistem informasi website dapat berjalan, tugas anda hanya tinggal menulis. Kelemahan metode ini, anda akan bekerja seperti dikejar waktu. Namun akan sangat baik jika anda kedepannya ingin menjadi seorang blogger profesional. 

Demikianlah artikel tentang peluang usaha modal kecil yang dapat saya sampaikan. Semoga karya - karya anda dapat dibaca oleh banyak orang.

Subscribe to receive free email updates: